Selasa, 17 Juni 2014

Usaha Service & Salon Jaya Mobil


Prospek usaha service mobil : 

Usaha service mobil masih memiliki peluang yang cukup besar, dikarenakan terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pertumbuhan penjualan mobil yang masih cukup baik dan minat konsumen untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan mobil .
Sejak dilakukan deregulasi tahun 1999 penjualan domestik mengalami peningkatan pesat ditandai dengan meningkatnya penjualan tahun 1999 yang mencapai 93.813 unit menjadi 300.965 unit pada tahun 2000 meskipun merosot pada tahun 2001. Semenjak 2001 hingga 2005 terus mengalami peningkatan bahkan pada tahun 2002 mencapai 317.748 unit meningkat menjadi 354.629 unit pada tahun 2003 dan kemudian mencapai 483.148 pada tahun 2004, penjualan mencapai puncaknya tahun 2005 yang mencapai 533.917 unit. Dan pada tahun 2006 terjadi penurunan pada penjualan domestik yang drastis menjadi hanya 318.904 unit disebabkan kenaikan harga BBM yang terjadi pada Oktober 2005 yang berakibat menurunnya daya beli masyarakat sehingga keputusan membeli kendaraan bermotor ditunda bahkan dibatalkan.
Oleh karena itu sektor usaha jasa service mobil selain dituntut untuk menyediakan pelayanan jasa umum, juga dituntut pelayanan khusus yang tentunya memerlukan keahlian khusus pula (customized). 

Strategi usaha service mobil :
  • ·         Lahan / tempat bengkel yang akan di kelola.
  • ·         Mekanik yang ahli dan berpengalaman serta anggota.
  • ·         Anggota cuci mobil pada doorsmer
  • ·         Sistem keamanan / Satpam.
  
    Lahan / tempat bengkel :
tempat usaha bengkel merupakan faktor penting karena tempat ini menjadi pokok persoalan yang selalu dibicarakan karena menyangkut datangnya pelanggan. Tempat usaha yang paling strategis seharusnya di pinggir jalan besar dan luasnya juga harus besar.

  Mekanik
Usaha bengkel membutuhkan satu mekanik yang cukup andal dengan pengalaman sekitar 10 tahun agar bisa memberikan instruksi kepada beberapa pembantu mekanik yang mulai belajar perbaikan mesin. Mekanik senior ini harus dibantu oleh beberapa anggota.
Mekanik ini harus bisa bekerja sama untuk keharmonisan usaha bengkel serta instruksi yang baik kepada mekanik junior

   Anggota doorsmer :
Demi kepuasan pelanggan dan untuk mempertahankan pelanggan harus memiliki anggota doorsmer yang berpegalaman dalam mencuci mobil.
 
     Keamanan lokasi:
Untuk keamanan lokasi bengkel harus memiliki Satpam,dan juga cctv. Dengan adanya satpam akan sangat membantu pemilik usaha service mobil di bidang keamanan dan ketertiban lingkungan kerja. cctv juga akan sangat membantu dalam sistem keamanan pada bengkel.

Tujuan dan manfaat usaha service mobil :
Tujuan Bisnis Bengkel Mobil tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari niatan dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul ide untuk menjalankan usaha dari keinginan mereka tersebut. Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain itu, masih banyak tujuan-tujuan para pengusaha yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainnya bisa saja berbeda.

Manfaat usaha service mobil :
Dengan membuka usaha sendiri maka akan dapat mempunyai kebebasan sepenuhnya untuk menentukan masa depan sendiri, karena di sisi lain anda tidak terikat kontrak kerja dengan orang lain. Dengan membuka usaha sendiri anda dapat mencari keuntungan yang lebih dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Dengan mendirikan bisnis bengkel mobil maka anda dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran. Meningkatkan status sosial ekonomi, pandangan orang terhadap anda yang semula hanyalah seorang pekerja kini perlahan-lahan mulai berubah kini mereka memandang anda adalah seorang pimpinan di sebuah perusahaan meskipun itu perusahaan pribadi, secara otomatis ini akan meningkatkan status sosial pribadi di masyarakat.

Resiko yang dapat timbul dalam usaha ini dan cara mengatasinya:
  •   Kebakaran pada bengkel ini bisa jadi disebabkan karena arus pendek, membuang sisa rokok sembarangan, dan lain sebagainya. 
  • Solusinya menggunakan bahan instalasi listrik yang SNI, menyediakan ruangan tempat meokok kepada pelanggan, menyediakan pasir didalam tong,agar jika terjadi kebakaran dapat langsung ditangani, untuk parkir mobil di usahakan pada saat parkir bagian kepala mobil menghadap jalan keluar, sehingga jika terjadi kebakaran tidak sulit mengeluarkan mobil.
  • Jatuhnya mobil pada saat mobil berada di atas hidrolik.Kelalaian karyawan pada saat menempatkan posisi mobil sebelum menaikkan hidrolik, kurangnya service pada alat hidrolik.Solusinya dapat dilakukan dengan mengingatkan selalu kepada karyawan, dan melakukan service berkala pada alat hidrolik minimal 5-6 nulan sekali 
  • Usaha bangkrut.Berkurangnya pelanggan, kurangnya rasa aman pada saat berada dilokasi bengkel, Solusinya bisa dilakukan dengan promosi, memberikan pelayanan yang baik, seperti tissue mobil, menyediakan aqua gelas untuk para pelanggan, bersikap ramah kepada pelanggan.strategi harga yang salah, dengan menyesuaikan harga yang stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar